Pers Bakal Kawal Pengawasan Panwaslu Pati

PICT0473Berita10.com – Pati, Peran Pers yang selalu memberikan masukan dan informasi terkait adanya pelanggaran dan penyimpangan dalam tahapan Pelig dan Pilpres 2014 bakal memberikan andil besar dalam mengungkap masalah tersebut. Beberapa wartawan yang tergabung dalam Pokja Wartawan Pati diantaranya Trilas Hartaka dari Media Bayangkhara, Imam dari Media Reportase, Yudhi dari Media Legalitas, Agus Setiya dari Berita 10 bakal mengawal kinerja dan tugas pengawasan Panwaslu Kabupaten Pati. Tekat jajaran wartawan Pati dalam membantu mengungkap adanya pelanggaran yang dilakukan para caleg dan partainya yang melakukan pelanggaran bukan hanya isapan jempol saja.

Keprihatinan itu muncul terkait adanya kenekatan para caleg yang memasang alat peraga kampanye tanpa aturan dan melanggar zona yang telah ditentukan KPU. Maraknya APK yang tersebar di berbagai wilayah tanpa melihat aturan membuat kecewa berbagai pihak termasuk insan pers dalam menyikapi aturan yang telah disepakati. Setiap hari APK dari berbagai caleg yang berbeda selalu terpasang dan muncul baik dalam bentuk bener, baleho, umbul-umbul dan spanduk sangatlah mengganggu keindahan dan esketika. Trilas Hartaka sangat menyayangkan tindakan-tindakan yang ngawur dalam pemasangan APK di tempat-tempat terlarang. Pihaknya juga sangat meyesalkan jika pemasangan APK dilakukan pada waktu malam hari tanpa diketahui oleh pihak lain. Pihaknya bakal mengawal demokrasi di Pati sesuai aturan yang benar. Jika ada para caleg yang menyimpang kami siap untuk melaporkan ke Panwaslu.
Sunardi SH dari Panwaslu Kabupaten Pati Divisi Pengawasan mengakui jika sekarang ini APK marak di mana-mana, baik di desa dan di kota. Setiap minggu dari laporan Panwascam dan PPL bukan sedikit APK yang terpasang namun semakin bertambah di setiap sudut tempat. Ini menunjukkan jika para caleg sudah tidak melihat aturan lagi. Semua laporan APK bakal kami limpahkan ke KPU untuk ditindak lanjuti secara benar dan sesuai aturan. Tim Lip B 10.

Pers Bakal Kawal Pengawasan Panwaslu Pati | admin | 4.5