Cuaca Ektrim Dan Kerusakan Hutan, Kota Pati Sempat Terendam

banjir 4 jago

Pati, Hujan deras secara terus menerus dalam beberapa hari terakhir ini sempat merepotkan warga masyarakat Pati baik yang tinggal di luar maupun dalam Kota. Debit volume turunnya hujan yang tinggi merata di berbagai wilayah Kabupaten Pati bukan hanya saja merusak berbagai tanaman padi dan sayuran, namun ratusan rumah yang ada tersebar di berbagai desa dan Kecamatan ikut terendam air akibat banjir. Kerugian materiil yang tidak bisa disebutkan jumlah merupakan suatu kerugian yang sangat besar dan luar biasa bagi sebagian besar rakyat Pati.
Prasetyo warga Dengkek Pati merasa kaget jika musim penghujan di akhir tahun 2013 dan awal tahun 2014 merupakan musibah yang sangat luar biasa bagi masyarakat Pati Di tahun- tahun sebelumnya banjir tidak sampai di rumahnya, namun musim penghujan kali ini rumahnya kemasukan air hingga satu meter. Ini benar-benar musim penghujan yang sangat ektrim dibandingkan tahun-tahun kemarin, kenangnya. Demikian juga Solikhin warga Kelurahan Parenggan Pati juga merasa heran jika sebelumnya air tidak pernah masuk rumahnya namun di tahun ini rumahnya bisa kemasukan banjir. Demikian juga untuk wilayah dalam kota seperti Kelurahan Kalidoro, Sarirejo, Kutoharjo, Winong, Sidoharjo, Getaan, Semampir dan berbagai wilayah lainnya tidak luput dari luapan air banjir. Dia juga punya pendapat jika banjir yang melanda Kota Pati saat ini selain cuaca yang tidak bersahabat juga karena kerusakan lingkungan terutama penggundulan hutan tanpa adanya reboisasi kembali. Semua ini karena ulah manusia sendiri tanpa mencintai lingkungan yang semestinya dijaga dan dilestarikan, ucapnya.
Akibat banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Pati bukan hanya saja menelan kerugian harta benda, begitu juga sarana prasarana jalan, jembatan dan rumah sebagian besar menjadi rusak parah akibat banjir. Demikian juga berbagai aktivitas, sekolah dan pekerjaan warga masyarakat sangat terganggu. Peran serta dan partisipasi Pemerintah Daerah, Pusat dan para donatur sangatlah mendesak diperlukan warga Pati yang sekarang ini sedang terkena musibah. Tim Lip B10

Cuaca Ektrim Dan Kerusakan Hutan, Kota Pati Sempat Terendam | admin | 4.5