Banjir Di Pati, Telan Kerugian Rp. 1,6 Triliun Lebih

banjir 4 jagoPati, Musibah bencana banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Pati Jateng dari catatan secara mendetail dari Pemerintah Daerah melalui data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pati (BPBD) menunjukkan angka yang sangat besar hingga mencapai Rp.1,65 triliun lebih. Kisaran tersebut dihitung dari kerusakan sarana prasarana, lahan pertanian peternakan dan perikanan serta pemukiman, kantor dan sekolah yang tersebar di 17 Kecamatan Pati yang terendam banjir.

Dari data yang diperoleh dari BPBD Pati menunjukkan jika sebanyak 81.250 rumah terendam banjir hingga merugian ditaksir sekitar Rp.1,2 triliun. Adapun di sektor pertanian, kerusakan tanaman yang terendam banjir seluas 9.760 hektar dengan angka kerugian mencapai Rp.156 miliar lebih. Demikian juga di sektor perikanan dan tambak ikan kerugian mencapai hampir Rp.77 miliar lebih. Pihak BPBD juga mencatat kerugian di sektor perkebunan yang rusak akibat genangan air banjir senilai hampir Rp.910 juta.
Bupati Pati Haryanto menilai jika banjir yang terjadi di sebagian besar wilayah Kabupaten Pati bukan hanya saja menelan harta benda namun menyisakan suatu penderitaan yang sangat memprihatinkan bagi seluruh lapisan warga. Haryanto menambahkan jika dalam kurun waktu 20 tahun lebih musibah banjir yang terjadi di Pati juga menelan kerugian dalam sektor sarana prasaran jalan dan jembatan yang rusak hingga ditaksir mencapai Rp.130 miliar lebih. Demikian juga dengan kerusakan gedung dan kantor milik pemerintah yang tersebar di wilayah yang terendam banjir juga menelan kerugian yang tidak sedikit. Tim Lip B.10

Banjir Di Pati, Telan Kerugian Rp. 1,6 Triliun Lebih | admin | 4.5