Kemah Ajang Pencarian Wartawan Muda

kemah smp3 pati

PATI – Pentingnya dunia jurnalistik sebagai media informasi,pendidikan,hiburan dan kontrol sosial, membutuhkan bibit-bibit unggul didalam pembentukan kader calon penerusnya.Pendidikan semacam itu tidak dapat ditempuh hanya disekolah saja. Pola pembelajaran diluar kelas harus ditempuh untuk menanamkan jiwa kritis dan kreatif setiap siswa.
Memanfaatkan waktu tengah semester. SMP 3 PATI mengajak mayoritas siswanya untuk belajar bersama alam dan lingkungan sosial. Kemah bakti menjadi kemasan yang dianggap efektif didalam menanamkan nilai-nilai tersebut.
Ketua Gudep SMP 3 Kuslan S.Pd mengawali pembukaan berharap, melalui event semacam ini bukan hanya sekedar acara hura-hura tanpa makna. Melalui kegitan sarat makna semacam ini,maka diharapkan kedepan siswa dapat lebih enjoy dalam belajar dan memiliki karakter positif.
Bukan sekedar mengajak refreshing anak didiknya, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari yakni pada tanggal 16 oktober-18 oktober 2013 di Bumi Perkemahan Regaloh, Pati memberikan pelajaran berharga bagi para siswanya. Selain kegiatan kepramukaan yang didalamnya terdapat proses pelantikan Dewan Penggalang SMP 3 PATI, 150 siswa ambil alih dalam kegiatan jurnalistik yang didalamnya diadakan kegiatan “Pelatihan Jurnalistik Pelajar” yang diisi oleh salah satu mantan siswa SMP 3 PATI yang sekarang menjadi pewarta disalah satu media online Pati
“ Kegiatan semacam ini bermanfaat sekali didalam meningkatkan jiwa kritis dan kreatif setiap siswa. Kemah bakti menjadi salah satu media efektif untuk menemukan bibit-bibit unggul pewarta muda dari kalangan pelajar,“ ujar Pembimbing Kegiatan PJP Yusraa khoirun Abdul Wadjid.
Lebih lanjut dia menyebutkan,pendidikan anak usia remaja memang harus lebih variatif. Melalui pramuka, pembelajaran di luar kelas dapat dilakukan lebih efektif,sehingga terhindar dari kesan monoton,pasif dan verbalisme.
Menurutnya jiwa kritis dan kreatif didalam menyikapi berbagai problem kehidupan yang ada, menjadi satu modal besar bagi para siswa kelak dalam kehidupan bermasyarakat.
“ Harapan saya kedepan kegiatan semacam ini dapat terus berkelanjutan, agar para siswa mengerti akan pentingnya kegiatan jurnalistik sebagai salah satu wujud kedaulatan rakyat dan menjadi unsur yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara demokratis,”tandasnya.

Kemah Ajang Pencarian Wartawan Muda | admin | 4.5