Poppy: Amdal Pabrik Semen Harus Lolos Uji Pengawasan

POPPY S DHARSONO   ( Anggota DPD RI Jawa Tengah)

POPPY S DHARSONO ( Anggota DPD RI Jawa Tengah)

Masyarakat warga desa Pegunungan Kendeng letak geografis diantara dua Kabupaten Pati dan Purwodadi menolak kehadiran Industri pabrik semen, karena dianggap akan mengganggu kondisi lingkungan dan merusak infrastruktur jalan desa . Hal tersebut terungkap pada saat bertemu dan dialog dengan anggota DPD RI Jawa Tengah Poppy S Dharsono di Juwana Kabupaten Pati .
Keluhan keberadaan pabrik semen di Kabupaten Pati di tanggapi dan di perhatikan serius oleh Poppy, karena beliau merupakan daerah yang di wakilinya.” Saya akan menerima persoalan penolakan pabrik semen dan keluhan infrastruktur jalan yang rusak “. Tegas Anggota DPD RI Jawa Tengah.
Namun demikian , jelas Poppy bahwa pembangunan Proyek Pabrik Semen bisa tetap berjalan asalkan ada titik temu dan solusi yang bisa di terima bersama, artinya sebuah Industri harus lolos dulu dari pengawasan uji analisa mengenai dampak lingkungan ( AMDAL ) . “ Kita tahu bahwa pemerintah perlu pemasukan dari semen , masyarakat juga memiliki hak untuk menolak karena terganggu lingkungan amdalnya , Ada undang undang yang mengatur tentang Amdal lIngkungan tersebut ” jelas Poppy.
“Jangan sampai pembangunan pendirian pabrik semen mengganggu lingkungan pemukiman penduduk, saya kira industri yang sifatnya industri berat, tidak dilakukan ditengah – tengah pemukiman penduduk, dimanapun lokasinya silahkan tapi jangan di dekat pemukiman penduduk.”tegas Poppy S Dharsono.
Keluhan selain dampak lingkungan Amdal dari Industri Semen ini, juga karena infrastuktur jalan yang rusak karena di lalui oleh angkutan kendaraan – kendaraan bertonase berat. Masyarakat yang dekat dengan akses jalan yang di lalui angkutan truck tersebut , merasa terganggu karena berdebu apabila musim kemarau dan becek , jalan berlubang apabila musim hujan, hal tersebut sangat mengganggu aktifitas masyarakat desa tersebut,
Terkait infrastruktur jalan, terutama masyarakat yang yang dekat dengan akses jalan yang di lewati dan mengalami kerusakan parah baik pemerintah kabupaten maupun pusat harus turun dan bertanggung jawab. “Karenanya pemerintah pusat harus turun untuk bertanggung jawab penangananya, karena struktur tanah di daerah tersebut mudah goyah, apalagi jika di lewati oleh kendaraan berat – berat antar kota dan antar provinsi.” Jelas Anggoda DPP RI Jateng Poppy S Dharsono.
Dalam hal ini pemerintah memiliki tugas untuk memperbaiki infrastruktur jalan menjadi lebih baik, sehingga masyarakat dapat hidup tentram sebagai warga negara Indonesia. “ Hal ini harus menjadi perhatiannya, Kalau pemerintah bisa beli pesawat presiden, kenapa tidak jalan ini yang di dahulukan. Ini menjadi tidak adil ketika pemerintah / eksekutifnya sangat mewah, sementara rakyatnya masih miskin dari kondisi yang masih susah.” Kritik dari Poppy A Dharsono
Dari hasil temu dan di alog dengan masyarakat di Kabupaten Pati ini, Poppy S Dharsono berjanji akan membawa masukan dari masyarakat yang diwakilinya untuk dapat segera di bahas di DPRD bersama pemerintah Pusat di Jakarta. ( H TRILAS HARTAKA PATI )

Poppy: Amdal Pabrik Semen Harus Lolos Uji Pengawasan | admin | 4.5