Peran Sekretariat Pendorong Tugas Panwaslu

PICT0181Berita10.com – Pati, Keberadaan Sekretariat dari sudut pandang sebagian orang balum memberikan arti yang berarti dalam organisasai atau lembaga. Namun demikian tidak berarti kedudukannya tersampingkan dalam tugasnya. Seperti halnya kedudukan Sekretariat Panwaslu Kabupaten Pati yang mempunyai peran fital dalam mendukung kegiatan pengawasan Panwaslu se Kabupaten Pati. Menyangkut anggaran dan pelaporan penggunaan dana dalam kegiatan pengawasan tentu mempunyai peran dominan. Sekretariat Panwaslu Kabupaten Pati yang terdiri dari tenaga PNS dan profesional selalu mendampingi secara jelas dan bertanggung jawab dalam membantu proses pengawasan Pilgub tahun 2013 dan Pileg mendatang.

Ini menunjukkan jika peran sekretariat bukan hanya saja membuat nota pembelanjaan namun berperan ganda dalam membantu anggota Panwaslu bertugas mencermati adanya pelanggaran pemilu.
Kepala sekretariat Ali Maslikan SH tidak menolak jika perannya sebagai sekretariat tidak hanya berpangku tangan di atas meja saja, namun ikut bertanggung jawab dalam memberikan masukan kepada Anggota Panwaslu. Kami selalu siap 24 jam dalam mendukung peran aktif pengawasan dalam setiap tahapan. Demikian juga dengan Sekretariat yang berada di Kecamatan selalu mendukung penuh dalam tugas administrasi dan pengawasan. Untuk Panwaslu Kabupaten Pati jumlah sekretariat ada lima orang dari unsure PNS dibantu tenaga professional non PNS, ucap Maslikan. Adapun di tiap-tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Pati ada dua personil PNS dan dua tenaga pendukung. Dengan jumlah sekretariat yang memadahi dan tahu akan tugasnya tentu saja pengawasan secara aktif dalam tahapan Pileg tahun 2014 akan berjalan sesuai harapan demokrasi. Tim/Lip B10

Peran Sekretariat Pendorong Tugas Panwaslu | admin | 4.5