Jelang Pileg LSM Dan Ormas Perkuat Pondasi Panwaslu

PICT0191Berita10.com – Pati, Sejumlah anggota Lembaga Swadaya Masyarakat dan Organisasi Masyarakat di kabupaten Pati memberikan dukungan penuh terhadap pengawasan menjelang Pemilihan Legislatif di Kabupaten Pati yang akan datang. Rasa tanggung jawab diberikan sepenuh hati tanpa paksaan dengan menjadi Anggota Panwaslu Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Pati. Tersebar di 21 Kecamatan yang ada sejumlah anggota LSM dan Ormas bakal melakukan pengawasan secara maksimal terkait persoalan yang terjadi baik pada pribadi bakal calon Legislatif maupun pengawasan semua tahapan dalam Pileg 2014 nanti. Persoalan menyangkut ijasah, latar belakang, tindak pidana dan kasus lain menjadi target yang pertama untuk mencari para caleg yang bermasalah. Demikian juga pengawasan penyelengara juga menjadi tugas utama para anggota Panwaslu terkait integritas dan netralitas dalam Pileg nanti.

Ketua Forum LSM Pati Edi Gunawan dalam kesempatan itu minta supaya pengawasan optimal terkait bakal calon Caleg di Pati membutuhkan perhatian utama. Selain menyangkut persoalan pribadi juga menyikapi adanya penyimpangan dalam tahapan Pemilihan Legislatif di Pati. Untuk memberikan data yang aktual tentang para bakal caleg diharapkan semua anggota Panwascam melakukan sidak langsung ke sasaran, sehingga dapat mengetahui kebenaran data yang dikirim ke KPU. Dengan pola kerja semacam itu tentu dapat diketahui latar belakang, pendidikan, status, pekerjaan, keluarga dana alamat dengan jelas. Demikian juga mennyangkut Pegawai Negeri, Kepala Desa, Perangkat Desa serta Anggota Dewan pindah partai menjadi perhatian pengawasan yang perlu disikapi, kata Doel panggilan bekennya.
Dirinya juga meminta supaya dalam pengawasan tersebut data aktual dan kongkrit terkait kasus yang terjadi bisa lengkap. Sehingga persoalan tersebut dapat dilimpahkan kepada KPU. Tim/Lip B10

Jelang Pileg LSM Dan Ormas Perkuat Pondasi Panwaslu | admin | 4.5