Bawaslu Evaluasi Kinerja Panwaslu Pati

PICT0183Berita10.com – Pati. Bertempat di Aula Kecamatan Pati seluruh Anggota Panwaslu Kabupaten Pati dan Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Pati melakukan Evaluasi Kinerja Pengawasan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2013. Rapat kerja yang dihadiri langsung Ketua Bawaslu Jateng Abhan Misbah SH memberikan motifasi dan informasi terkait persoalan yang muncul dalam Pilgub di Jawa Tengah. Dengan dipandu para Anggota Panwaslu Kabupaten Pati Ketua Suyoto SH MH dan dua anggota Sukarno SH dan Sunardi SH menjadikan suasana raker menjadi lebih hidup dan berbobot. Permasalah Daftar Pemilih, pencalonan, masa kampanye, hari tenang dan pencoblosan menjadi perhatian yang sangat utama dalam rapat kerja tersebut.
Ketua Bawaslu Jawa Tengah Abhan Misbah SH dalam kesempatan itu mengritisi terhadap Pegawai Negeri yang tidak netral dalam Pilihan Gubernur di Jawa Tengah. Banyak diantara PNS secara terang-terangan ikut terlibat langsung dalam tim sukses. Namun pihaknya merasa bangga melihat situasi dan kondisi yang terjadi dalam Pilgub Jateng berjalan mulus tanpa ada kendala dan gugatan walau dengan kondisi anggaran yang tidak terlalu besar. Pelaksanaan Pilgub di Jateng menjadikan barometer nasional tanpa adanya persoalan yang kongkrit, kata Abhan. Ketua Bawaslu juga mengeluhakan anggaran yang diterima Bawaslu tidak sesuai harapan Panwaslu dan Pengawas Pemilu Lapangan. Kami telah berusaha mengajukan anggaran untuk proses pengawasan ke pemerintah pusat sesuai kebutuhan yang kongkrit. Namun hingga kini apa yang menjadi harapannya belum bisa tercapai.
Dalam rapat kerja yang melibatkan 63 anggota Panwaslucam se Kabupaten Pati memberikan dorongan dan masukan terhadap kinerja yang dilakukan dalam proses pengawasan Pilgub. Ketua Panwaslu Kabupaten Pati Suyoto SH MM dalam paparannya masih ditemui adanya kelemahan kinerja dalam lapangan. Masih ditemui anggota Panwascam tidak melakukan pengawasan secara optimal dan bertanggung jawab. Diantaranya lepas tanggung jawab terhadap divisi yang menjadi tugasnya, demikian juga hubungan kinerja antara anggota Panwascam masih ditemui ketidak harmonisan dalam pengawasan. Ini menunjukkan jika evaluasi kedepannya masih perlu dibenahi dan ditingkatkan. Bentuk penandatanganan fakta Integritas Anggota Panwaslu merupakan jalan terbaik untuk memilih orang-orang yang bertanggung jawab dalam tugas pengawasan Pemilu kedepan, kata Suyoto dengan tegas. Tim/Lip B10

Bawaslu Evaluasi Kinerja Panwaslu Pati | admin | 4.5