Pengusaha Wajib Dukung Buruh Untuk Coblos Pilgub Jateng

unduhan (2)Berita10.c0m-Pati, Hak setiap warga negara untuk ikut terlibat langsung dalam Pilihan Gubernur Jateng tahun 2013 adalah sama dan sejajar. Demikian juga sebagai pekerja atau buruh yang bekerja di perusahaan atau pabrik yang tersebar di wilayah Kabupaten Pati mempunyai andil yang sangat besar dalam perolehan suara terhadap salah satu calon. Mengingat potensi yang sangat besar dan menjanjikan untuk perolehan suara dan pencegahan adanya golput dilakangan pekerja sangatlah perlu jika ada peraturan yang mengatur persoalan tersebut. Jumlah pabrik dan pekerja yang mencapai ribuan orang tersebar di seluruh Kabupaten Pati haruslah menjadi perhatian Penyelenggara baik KPUD dan Panwaslu Kabupten Pati. Untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan golput dikalangan pekerja sosialisasi dan surat edaran terkait hak dari pekerja untuk berpartisipasi dalam Pilgub Jateng sangatlah mendesak. Pihak penyelenggara secepatnya memberikan informasi kepada para pengusaha terkait aturan dan sangsi yang akan diterima jika secara sengaja menghalang-halangi pekerja untuk memilih.

Anggota Panwaslu Pati Sukarno SH dalam tugas pengawasannya menjelaskan jika barang siapa baik perorangan atau pengusaha yang menghalang-halangi atau melarang pekerjanya untuk menggunakan hak pilihnya dapat dikenakan pidana. Pasal 117 ayat 6 UU No.32 Tahun 2004 yang berisi tentang Pemerintah Daerah jelas mengatur bahwa majikan atau atasan harus member ijin kepada buruh atau pekerja untuk mencoblos baik Pilkada. Pilbug atau Pemilu. Apabila dengan sengaja melarang dalam dikenakan pidana penjara paling rendah dua bulan dan paling lama dua belas bulan. Demikian juga imbuh Sukarno ditambah denda satu juta sampai sepuluh juta rupiah besarnya. Jika ditemukan adanya intimidasi atau larangan yang terjadi pada para pekerja dari para majikan supaya melaporkan kepada Panwaslu, tambah Karno.
Joka Witarno warga Puri Pati yang sehari-hari bekerja sebagai pekerja pabrik di Trangkil menyambut baik dengan munculnya peraturan tersebut. Secara jelas menyebutkan jika hak pekerja sangat dilindungi dalam memberikan suara dalam Pilgub Jateng nanti. Jika memang ada pengusaha atau majikan secara nyata menolak aturan tersebut, Panwaslu harus berani memprosesnya. Selain untuk mencegah potensi adanya golput aturan tersebut tentu saja memberikan hak sepenuhnya bagi para pekerja untuk menentukan pilihannya, tambah Joko dengan bangga. /Tim Lip B10

Pengusaha Wajib Dukung Buruh Untuk Coblos Pilgub Jateng | admin | 4.5