Mampir Di Makam Saridin (Syeh Jangkung)

makam saridinBerita10.com – Pati, Keberadaan makam Saridin “Syeh Jangkung” di desa Landoh Kayen Pati sudah tidak asing lagi bagi telinga setiap orang. Ketenarannya bahkan sudah sampai luar pulau dan luar negeri. Cerita keberadaan makam Saridin dari mulut ke mulut terasa cepat tersebar di lingkungan masyarakat Indonesia. Sehingga tidak kaget jika keadaan makamnya setiap hari ramai didatangi pelancong. Terlebih disaat menjelang 1 Suro atau 1 Muharam ribuan lautan manusia dengan tertib berjiarah dari berbagai penjuru nusantara.

Makam saridin juga terasa ramai dan meriah menjelang setiap hari Jumat Kliwon atau Jumat Legi malam, Setiap satu tahun sekali pada bulan Rajab antara tanggal 14 sampai 15 di makam Syeh Jangkung diselenggarakan Upacara Khol dalam rangka pergantian kelambu makam. Menariknya kelambu bekas makam lama itulah menjadi rebutan pengunjung sebagai berkahnya.
Salah satu tokoh masyarakat setempat Solikhin bertutur jika keberadaan makam Sarisin bukan hanya sebagai berkah dari pengunjung saja. Namun masyarakat sekitar juga ketiban rejeki dengan berjualan cinderamata, makanan dan minuman. Sampai sekarang ini penataan lingkungan sudah berjalan baik namun banyak diantara pengunjung yang seenaknya membuang sampah sembarangan. Akibatnya menjelang acara selesai banyak ditemui kotoran sampah di dalam makam. /Tim Lip B10

Mampir Di Makam Saridin (Syeh Jangkung) | admin | 4.5