Ketagihan Nikmatnya Soto Kemiri (Kuliner Khas Pati)

soto kemiriBerita10.com – Pati, Siapa sangka jika kenikmatan rasa semangkuk soto kemiri  belumlah terasa puas bagi yang menikmati. Rata-rata setiap penikmat soto akan meminta  dua atau tiga mangkuk kembali pada penjualnya. Soto kemiri adalah salah satu menu kuliner  yang sulit untuk dilupakan bagi penikmatnya.  Makanan khas ini membutuhkan bumbu bawang merah, bawang putih, kencur, kemiri, lengkuas, jinten mrica, jahe dan santan yang diramu menjadi satu tanpa penyedap makanan. Cara memasak soto kemiri sangat mudah dan sederhana. Cukup menggunakan kuwali dari bahan tanah liat serta dipanaskan dengan kayu bakar. Salah satu cara mengenali soto khas Pati ini berupa aroma kemirinya yang lebih menonjol  serta kuahnya lebih encer disbanding soto daerah lain.

     Cara penyajiannya pun unik yaitu setelah mangkuk yang telah berisi nasi, irisan daging ayam dan taoge lantas diberi kuah lalu dituangkan lagi ke dalam kuwali demikian diulang beberapa kali sehingga rasa gurih sangat terasa sekali.  Karena cara penyajiannya seperti itu soto kemiri juga dikenal sebagai soto kopyok. Lauk yang disajikan sebagi pelengkap berupa ayam. Namun untuk soto kemiri ukuran ayam yang tersaji adalah ayam dere yaitu ukurannya sangat kecil-kecil namun gurih.

     Bagi sebagian warga yang singgah atau lewat kota Pati  menganggap jika belum menikmati soto ayam kemiri  rasanya belum puas untuk meninggalkan kota Pati. Untuk memberikan kepuasan kepada penikmat kuliner jenis ini tentu saja tidak akan kesulitan dalam mencarinya. Dari pelosok kota sepanjang jalan Kabupaten Pati sudah banyak tersebar penjual-penjual soto kemiri yang menanti dengan kesabaran.  Sehingga para penikmat kuliner khas Pati yang berasal dari luar daerah tidak akan kesulitan dalam menikmati semangkuk, dua mangkuk, tiga mangkuk atau lebih soto kemiri tersebut. /Tim Lip B10

Ketagihan Nikmatnya Soto Kemiri (Kuliner Khas Pati) | admin | 4.5