Jelang Pilgub Jateng, Sentra Gakkumdu Dibentuk

gakkumduBerita10.com – Pati, Menjelang pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum Gubernur Jawa Tengah tahun 2013 ini, jajaran Panwaslu Kabupaten Pati, Kejaksaaan Negeri Pati, Polres Pati menyelenggarakan pertemuan intensif dalam pembentukan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk tingkat Kabupaten Pati. Keberadaan Sentra Gakkumdu dirasa sangat mendesak disaat tahapan pelaksanaan Piilgub Jateng telah memasuku pemutahiran data pemilih. Pembentukan Gakkumdu yang dilakukan ketiga unsur terkait sangatlah mendesak dan perlu dalam rangka menyamakan perspeksi antar instansi dalam penanganan pelanggaran Pemilu Gubernur Jawa Tengah tahun 2013.

Divisi Pelaporan dan Tindak Lanjut Pelanggaran Pemilu Panwaslu Kabupaten Pati Sukarno SH disela-sela pertemuan tersebut menjelaskan jika pembentukan Sentra Gakkumdu dilakukan sebagai wujud untuk memberikan pandangan yang sama dalam penanganan pelanggaran Pilgub antara Panwas, Kejaksaan dan Kepolisian. Demikian juga hal tersebut dilakukan karena adanya petunjuk dari Bawaslu yang sebelumnya juga telah membentuk Sentra Gakkumdu di tingkat Pusat dan Provinsi. Sejak dibentuknya Pengawas Pemilu berdasar Undang-Undang Nomor 22 tahun 2007 berbagai macam bentuk pelanggaran Pemilu telah ditangani dan ditindaklanjuti oleh Pengawas Pemilu baik tingkat Bawaslu maupun tingkat Panwaslu daerah. Bentuk pelanggaran Pemilu yang ditangani adalah berupa pelanggaran administrasi, pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu, dan tindak pidana Pemilu. Belajar dari pengalaman tersebut, terdapat berbagai kendala dalam pengumpulan alat bukti dan pelimpahan perkara ke instansi berwenang. Melihat rumitnya pelaporan dan pelimpahan perkara Pemilu maka perlu dibentuk Sentra Gakkumdu dalam Pilgub Jateng ini, tambah Sukarno. Dia juga tidak menolak jika selama ini dalam penanganan kasus pelanggaran Pemilu kerap kali mandek di tengah jalan. Dengan terbentuknya Sentra Gakkumdu diharapkan semua pelaporan yang terkait pelanggaran Pemilu dalam terselesaikan, ucapnya.
Untuk menambah ruang gerak bagi Bawaslu serta Panwaslu dalam menjalankan tugas menangani pelanggaran pidana tersebut, Bawaslu telah memprakarsai adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara Kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu dalam bentuk system Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu). Berdasarkan Pokok Agenda Rakor Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) di Mahkamah Konstitusi yang disampaikan Bawaslu dalam bagian catatan Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Tindak Pidana Pemilu antara Panwaslu, KPU, dan Instansi Penegak Hukum masih belum terjalinnya koordinasi yang sinergis. Melihat persoalan yang semakin menerujut tersebut secara tidak langsung semua elemen yang terkait tersebut bisa saling terbuka dalam penanganan perkara pidana Pemilu. Dalam tahapan Pilgub Jateng memasuku fase pungut hitung yang dilakukan tanggal 26 Mei 2013 semakin dekat, tentu berbagai persoalan dan pelanggaran Pemilu Pilgub Jateng bakal mencuat. Untuk memudahkan adanya pelaporan pelanggaran tersebut keberadaan Posko Sentra Gakkumdu di Kantor Panwaslu Jl. Soegiono No1 Pati sangatlah tepat dan memadahi baik personil dan fasilitasnya. /Tim Lip B10

Jelang Pilgub Jateng, Sentra Gakkumdu Dibentuk | admin | 4.5