Ijin Dicabut Dinkes, RSK Makin Terpuruk

Kantor Dinkes Pati

Kantor Dinkes Pati

Berita10.com – Pati, Penderitaan ratusan karyawan Rumah Sakit Kristen Tayu Pati semakin komplit dengan tidak keluarnya izin operasional sementara dari Dinas Kesehatan Pati. Ironisnya pihak Dikes Pati hanya bakal memberikan izin sebagai pelayanan jalan adapun pelayanan rawat inap tidak diperkenankan karena masih ada kekurangan sarana prasarana serta tenaga kerja yang terbatas.

Rumah Sakit yang pada era tahun 1970 hingga tahun 1980 an dipercaya menjadi rumah sakit rujukan di eks Karesidenan Pati sekarang kondisinya kian memprihatinkan.
Belakangan bahkan masih muncul jika kondisi di dalam rumah sakit semakin terpuruk akibat belum terbayarnya gaji karyawan sejah bulan Januari 2012 hingga sekarang ini. Kondisi internal sepanjang hampir satu tahun tidak ada titik temu baik Yayasan Kesehatan Sekitar Muria (YKSM) atau manajemen rumah sakit. Sejumlah upaya penyelesaian perselisihan hubungan industrial antara karyawan dan pengusaha belum tercapai walau mediasi dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) dan DPRD sudah dilakukan, namun hanya sesaat saja tanpa hasil jelas.
Ketua Departemen Diakonia Sinode GITJ Pdt(Emeretus) Pujo Kartiko dalam kesempatan audensi dengan DPRD Komisi IV mengemukakan jika pihaknya telah mendatangkan investor untuk memperbaiki kemelut di RSK. Demikian juga gaji karyawan telah dibayarkan untuk bulan April dan Mei. Persoalan bertambah rumit mengingat sebagian karyawan tidak menolak gaji tersebut. Mereka menuntut supaya gaji dibayar penuh sejak bulan Januari 2012 hingga sekarang.
Hartini salah satu karyawan yang sudah bekerja hampir 24 tahun sangat merasakan penderitaan yang dialaminya. Kemelut ini kata ibu beranak dua warga Tayu bukan hanya saja memicu persoalan baru namun dampak dari kasus RSK bertambah dengan tidak keluarnya izin operasional dari Dikes. Seharusnya pihak Dikes dapat memberikan solusi yang terbaik dalam kasus yang melibatkan ratusan karyawan dengan segala tanggung jawabnya baik terhadap keluarga atau rumah sakit. Namun kata Hartini lagi Dikes justru memberikan bom waktu bagi ratusan karyawan yang sekarang berjuang demi penghidupan. /Tim Lip B10

Ijin Dicabut Dinkes, RSK Makin Terpuruk | admin | 4.5