Hari Pers Nasional Di Pati Sederhana Namun Berbobot

hari pers nasionalBerita10.com – Pati. Peringatan Hari Pers Nasional Tingkat Kabupaten Pati tahun 2013 yang diadakan secara sederhana namun bermakna oleh Kelompok Kerja Wartawan Pati mendapat sambutan yang positif baik dari Bupati Pati Haryanto maupun SKPD. Rangkaian acara yang dimulai dengan agenda Pelatihan Jurnalistik Dasar Tingkat SMA-SMK se Kabupaten Pati di Ruang Kembangjoyo tanggal 2 maret 2013 mendapat sambutan yang luar biasa dari berbagai sekolah di Pati. Dengan dipandu nara sumber wartawan senior cetak dan elektronik dari Pati menjadikan suasana pelatihan menjadi berkembang. Sebanyak 48 siswa-siswi pelajar dengan serius namun santai mengikuti pelatihan secara online. Peran aktif peserta pelatihan dalam tanya jawab materi jurnalistik menjadikan suasana ruangan menjadi hidup dan menarik. Banyak diantara peserta berminat untuk terjun sebagai jurnalis professional, terbukti berbagai pertanyaan dari peliputan, pembuatan berita, keselamatan peliputan, dank ode etik jurnalistik muncul dalam pertanyaan. Selain dipandu beberapa wartawan Pati, hadir dalam acara Pelatihan Jurnalistik Dasar Bagian Kehumasan Setda Pat Aris Sudiprasetyo SH dengan paparan masalah Kehumasan Media Masa.

Kemudian pada tanggal 4 Maret 2013 dengan pokok materi acara Diskusi Hari Pers Nasional mengambil topik Skala Prioritas Kepemimpinan Bupati Pati Jangka Waktu Satu Tahun di Runag Pragola Pati yang melibatkan pimpinan SKPD menjadi catatan yang positif. Hadir dalam diskusi tersebut sebagai nara sumber Bupati Pati Haryanto dan Tokoh Pers Pati Alwi Alaydrus dan Alman Eko Darmo didampingi sejumlah awak media dari Pati. Selain membedah berbagai persoalan yang ada terkait pembangunan daerah, berbagai hambatan yang selama ini meradang terungkap dalam mencari solusi pemecahan. Beberapa skala prioritas kebijakan yang perlu mendapat perhatian diantaranya menerima atau menolak investor pabrik semen dengan segala konskensinya. Menuntaskan normalisasi alur Kali Juwana serta menyediakan lumbung pangan bagi masyarakat pedesaan untuk mengamankan stok pangan yang dikelola oleh pemerintah desa. Demikian juga tidak luput menggali potensi meningkatkan investasi baik perikanan dan industry dan perdagangan. Sektor pertanian dan perkebunan diantara buah jeruk pamelo dan tanaman buah jenis srikaya perlu mendapatkan priritas untuk pengembangannya secara professional. Tidak kalah pentingnya sektor pendidikan, seni budaya dan olah raga perlu harus mendapat perhatian yang serius dan ada fungsi kontrol pengawasan yang jelas. Bidang wisata dan perbaikan jalan juga menjadi wacana yang serius dalam pengerjaanya. Wisata dan jalan tidak dapat terpisahkan, bila jalan baik dan penanataan obyek wisata professional tentu saja dapat memberikan pemasukan yang tidak sedikit untuk asset daerah.
Bupati Pati Haryanto dalam diskusi yang dipandu wartawan Kedaulatan Rakyat Cuk Cong tersebut sangat menyambut baik acara tersebut. Berbagai persoalan dan kendala yang terjadi di Pati secara jelas dan nyata harus terpecahkan. Dengan melibatkan Kepala Kantor terkait yang menjadi wewenangnya serta masukan wartawan tentu saja secara bertahap Kabupaten Pati akan tertata dengan baik. Dengan diskusi ini tentu saja akan membuka kran yang tertutup untuk membuka lembaran yang positif dalam penataan Pati kedepan, kata Bupati. Haryanto juga menambahkan jika potensi-potensi yang ada di wilayah Pati merupakan aset yang sangat berharga dan potensial sekali. Karena itu keterlibatan aktif media masa dalam pemberitaan yang positif dapat menarik investor untuk masuk dan membangun obyek fital yang ada. /Tim Lip B10

Hari Pers Nasional Di Pati Sederhana Namun Berbobot | admin | 4.5