Keluarga Hidup Bersama Hewan Kambing Butuh Uluran Tangan

Pati, Rasanya tersayat hati melihat kehidupan asli satu keluarga yang tinggal di Dukuh Trangkilan Desa Sidoharjo Wedarijaksa Pati Jateng. Selama bertahun tahun pasutri Sarwi dan Rasinah beserta anak bernama Supadi tinggal di rumah tidak layak yang terbuat dari anyaman bambu. Kondisi rumah yang berlantai tanah tidak ada ventilasi dan penerangan yang cukup sehingga terlihat gelap dan kumuh. Terlebih dibagian ruang depan rumah dipakai untuk memelihara kambing. Rumah anyaman bambu berukuran tiga kali lima terasa pengab dan kotor. Apalagi hewan kambing yang ditaruh di depan kerap kali buang kotoran dan kencing di ruangan rumah.
Penderitaan keluarga ini sangat dirasakan saat ini dimana sebagai kepala keluarga Sarwi menderita tuna rungu dan tidak dapat bekerja, istrinya Rasinah tergulai sakit serta anaknya Supadi mengalami keterbelakangan mental atau idiot. Untuk kebutuhan sehari hari keluarga ini mendapat belas kasihan dari para tetangga dan kerabatnya.
Ketua Rt.01 Rw.01 Dukuh Trangkilan Sidoharjo Suwodo mengatakan jika kondisi keluarga ini sangat memprihatinkan baik kondisi rumah dan kesehatan. Sudah bertahun tahun kondisi ini dijalani walau dengan serba kekurangan. Saat ini Sarwi tidak bekerja karena pendengarannya kurang. Demikian juga istrinya Rasinah harus tergulai di dipan karena menderita sakit. Apalagi anaknya menderita idiot sejak kecil. Harapannya penderitaan keluarga ini tidak berlarut, semoga ada pihak tiga atau donatur yang peduli pada warganya. Pihaknya sangat prihatin karena selama bertahun tahun hidup berkumpul dalam satu rumah dengan hewan kambing. Goes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.