Melihat Jejak Kerajaan Majapahit Di Musium Trowulan Mojokerto

Mojokerto, Musium Trowulan yang terletak di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Jawa Timur di bangun pada tahun 1987 yang dikelola oleh Balai Pelestarian dan Peningalan Purbakala (BP3) Jawa Timur. Musium Trowulan menyimpan banyak sekali koleksi benda benda peninggalan dari kerajaan Majapahit yang dilengkapi dengan informasi tentang kerajaan Majapahit.

Pada umumnya koleksi benda bersejarah yang ada di Musium Trowulan ini berasal dari masa kerajaan Majapahit, tetapi koleksi benda bersejarah tersebut juga mencakup berbagai era sejarah yang ada di wilayah Jawa Timur yaitu kerajaan Kahuripan, kerajaan Kediri, dan kerajaan Singasari. Musium Trowulan juga adalah musium yang memiliki koleksi terlengkap di Indonesia dengan koleksinya berupa relik yang berasal dari masa kerajaan Majapahit.

Untuk koleksi arca yang ada di Museum Trowulan terdapat sebuah arca batu yang berisi kisah Samuderamanthana, arca Wisnu menunggang Garuda dalam ukuran besar, arca Gajasura Samhara Murti, dan masih banyak lagi jenis arca lainnya yang memiliki kisah sejarah yang unik dan berbeda beda.

Wahyu Sutikno salah satu pengunjung asal Pati Jateng mengatakan jika Musium Trowulan merupakan peninggalan sejarah yang patut dikunjungi dan diperkenalkan pada anak anak generasi muda untuk bisa mengenal peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit. Untuk harga tiket masuk jika berkunjung ke Musium Trowulan Mojokerto sangatlah murah. Harga tiket untuk pelajar dikenakan sebesar Rp 1.500,-/orang dan untuk tiket umumnya sebesar Rp 2.500,-/orang. Jam berkunjung ke Museum Trowulan ini ada hari Selasa sampai Minggu jam 07.30 -15.30 WIB. Museum Trowulan ini jika hari Senin atau hari liburan Nasional akan tutup, jadi pastikan tidak salah hari jika berminat untuk berwisata edukasi ke kawasan Museum Trowulan Mojokerto. Gs

Your Turn To Talk

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Designed by Tim Lip Berita10.com HIT Obat Nyamuk