Menuju Wisata Agro, TPA Pati Bakal Dipasang Flaying Fox

Pati, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukoharjo Margorejo Pati Jateng bakal menjadi tempat wisata yang presentatif. Saat ini pihak Pemkab Pati dan pengelola berupaya mengubah Komplek TPA lebih menarik dengan penataan yang menarik. Kedepan akan semakin presentatif karena lingkungan TPA ditambah dan dibenahi dengan sarana pendukung bagi pengunjung khususnya anak dan pelajar. Berbagai mainan edukasi dan berbagai hewan sudah ditempatkan sesuai dengan harapan pengunjung.

Demikian juga sejumlah warung juga telah ada untuk melayani pengunjung setiap harinya. Terlebih sejumlah komunitas dan media telah peduli dengan lingkungan TPA, wujud tersebut dengan melakukan penanaman ribuan pohon, jenis sayur, buah dan berbagai tanaman yang ditanam secara bertahap di lingkungan TPA Sukoharjo. Dengan terwujudnya hal tersebut upaya TPA menjadi Agrowisata, Ramah Lingkungan dan Ramah Anak bakal mudah terwujud.

Dalam acara Focus Group Discussien (FGD) Wartawan Pati di Komplek TPA Pati yang dihadiri langsung Bupati Pati H.Haryanto SH. MM. M.Si, Sekda Pati Ir. Haryono. MM, Dandim 0718 Pati yang baru Letkol Arm Arif Darmawan, Dandim lama Letkol Andri Amijaya Kusuma, Kabag Humas Setda Drs.Rasiman MM, Kyai Happi Irianto, sejumlah wartawan dan undangan muncul pemikiran untuk menjadikan TPA lebih menarik.

Bupati Pati sangat mengapresiasi gerakan cinta lingkungan yang dilakukan komunitas dan media dalam membantu Pemkab Pati. Peran serta dan dukungan pihak ketiga sangat membantu dalam kemajuan TPA. Harapannya semoga Komplek TPA semakin menarik dan bisa menjadi pembelajaran, edukasi bermain dan wisata murah. Bupati juga menambahkan jika TPA Pati menjadi kunjungan dan studi banding daerah lain.

TPA Pati menjadi satu satunya TPA yang nampu memberikan keyakinan masyarakat sebagai tempat berwisata. Bupati menambahkan jika TPA Pati bukan sebagai Tempat Pembuangan Akhir namun sebagai Tempat Pemprosesan Akhir. Karena di TPA ini limbah atau sampah bisa diproses untuk bahan minyak dan gas untuk memasak warga sekitar. Adapun Sekda Pati Haryono menambahkan jika Komplek TPA Pati telah dibangun dengan modern disertai pengolahan limbah dan ipal yang sangat baik. Dalan waktu dekat ini pihak Pemkab Pati bakal memasang Flaying Fox di sekitar perbukitan komplek TPA. Dengan adanya sarana ini akan menambah wahana yang menarik warga untuk datang di TPA.

Salah satu wartawan senior dan penggagas kampus kehidupan TPA Alman Eko Darmo didampingi Alwy Cuk Conk mengatakan jika wujud untuk menjadikan TPA Agrowisata, Ramah Lingkungan dan Anak bakal tercapai. Pihaknya berupaya menggandeng komunitas baik PKL dan disabilitas dalam penanaman pohon dan pengembangan ternak kambing di TPA. Harapannya akan semakin hidup, hijau dan menjadi wisata yang representatif di Pati. Semoga kedepan TPA bisa dibangun aula sebagai tempat pertemuan pengunjung dan anak anak. Goes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.