Gurihnya Belalang Goreng Khas Pati

Gurihnya Belalang Goreng Khas Pati

Gurihnya Belalang Goreng Khas Pati
Gurihnya Belalang Goreng Khas Pati

Pati, Belalang goreng dengan istilah “Walang goreng” adalah masakan tradisional yang sudah dipertahankan sejak dahulu kala. Masyarakat di Pati memang sudah sangat lazim menyantap makanan belalang goreng ini, baik sebagai camilan maupun sebagai lauk dengan disantap menggunakan nasi dan sambal. Rasanya sangat gurih dan kriyuk jika dimakan secara bersama.

Rasa Walang Goreng sangat mantap  dan dijamin ketagihan. Rasa belalang yang mirip udang, bisa diolah menjadi rasa gurih, manis, dan pedas manis, hebat kalau enggak sampai ketagihan, apalagi kriuk-kriuknya itu terasa lain rasanya.

Di kebanyakan daerah, belalang memang tidak lazim untuk dikonsumsi, belalang atau walang identik dengan serangga yang suka merusak tanaman para petani. Hal itu memang benar, belalang adalah serangga yang merusak, 30 belalang dewasa setara dengan satu ekor sapi.  Dan juga belalang ini merupakan salah satu hama yang sering sekali menggagalkan panen para petani.Tapi, jangankan dibenci, di Pati  belalang ini malah diburu untuk dikonsumsi. Bukan karena tidak ada makanan lainnya, tapi belalang goreng walaupun terkesan ekstrim, memiliki rasa yang nikmat banget, ditambah protein yang sangat tinggi pula.

Seperti halnya yang dilakukan Trisno warga Tlogowungu Pati telah menekuni membuat belalang goreng. Setiap dua hari sekali menjelang malam dirinya selalu mencari ratusan belalang yang ada di sekitar ladang. Hasil tangkapannya kemudian diolah menjadi belalang goreng dengan dicampur berbagai bumbu rempah-rempah. Kemudian dikemas dalam wadah plastik dan disetorkan ke berbagai warung-warung yang ada di Pati. Satu bungkus dihargai Rp.3000 per bungkus. Menu makanan belalang goreng ini sangat cocok untuk cemilan atau lauk makanan. Goes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.