Desa Bendar, Desa Nelayan Terkaya di Juwana Pati

Desa Bendar, Desa Nelayan Terkaya di Juwana Pati

Desa Bendar, Desa Nelayan Terkaya di Juwana Pati (Foto: Sutopo Kades Bendar Juwana)

Pati, Desa Bendar adalah sebuah nama desa nelayan yang terletak kurang lebih 13 km di sebelah timur Kota Pati Jawa Tengah. Tepatnya terletak di wilayah Kecamatan Juwana. Sebagian besar penduduknya atau 95% nya bekerja sebagai nelayan murni. Seiring berjalannya waktu, masyarakat Desa Bendar banyak yang sudah memiliki sejumlah kapal. Berkat perjuangan, kerja keras dan disiplin bekerja para warga Desa Bendar saat ini meraih sukses sebagai nelayan sekaligus pengusaha kapal.

Kesuksesan masyarakat Bendar tidak serta merta datang begitu saja. Banyak perjuangan yang harus dilakukan. Secara umum, pengusaha kapal yang ada di Bendar hanya berpendidikan biasa. Namun karena perjuangan yang tidak henti akhirnya bisa meraih keberhasilan yang luar biasa.

Tahun 80-an, Bendar sama seperti kampung nelayan lainnya, masih biasa saja. Namun, dengan tekad, kerja keras, usaha, Bendar bisa menjadi sejahtera seperti sekarang. Saat ini banyak dibangun rumah mewah dan megah yang ada di sepanjang Desa Bendar. Tidak lepas sejumlah merk mobil mewah juga terparkir di halaman rumah warganya.

Jika masuk ke Desa Bendar, yang akan terlihat adalah deretan rumah-rumah mewah, berlantai dua atau lebih dengan desain yang modern. Bahkan rumah yang dilengkapi dengan kolam renang dan taman yang asri.

Sutopo Kades Bendar Juwana mengatakan jika Desa Bendar merupakan Desa nelayan yang terletak di Juwana Pati. Dengan kerja keras, disiplin dan perjuangan dari warganya saat ini bisa meraih keberhasilan. Rata-rata setiap warganya sudah memiliki kapal. Ada sekitar 500 kapal besar dan kecil yang dimiliki para nelayan Bendar. Rata-rata setiap melaut atau trip bisa menghasilkan Rp.25 juta hingga Rp.100 juta. Setiap tahun setiap kapal bisa trip atau melaut antara 6 hingga 7 kali. Untuk meraih keberhasilan dan mendukung usahanya semua warganya menjalin mitra dengan perbankan. Dengan usaha dan kerja keras akhirnya Desa Bendar dikenal sebagai Desa Nelayan Terkaya yang ada di Pati Jateng. Saktiya

Your Turn To Talk

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Designed by Tim Lip Berita10.com HIT Obat Nyamuk